Barang Haram Senilai Rp 5 Miliar Dimusnahkan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam memusnahkan barang bukti yang disita sejak 2017 hingga 2018 di halaman kantor Kejari Batam, Kamis (7/2).

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut bernilai Rp 5 miliar. Barang bukti yang dimusnahkan dari 345 perkara tersebut terdiri dari sabu dan heroin seberat 4.313,26 gram, ekstasi, pil dekstro, dan erimin 5 sebanyak 7.387,5 butir, daun ganja kering seberat 857,28 gram, obat tanpa izin edar 32.971 pieces, kosmetik tanpa izin edar 90.409 pieces, handphone dan aksesorisnya 4.642 unit, mesin permainan tujuh unit, minuman beralkohol 97 botol, dan barang bukti temuan sebanyak 20 dus.

Pemusnahan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda sesuai bentuk barang. Untuk barang bukti jenis narkoba dan obat-obatan terlarang dilakukan dengan cara dibakar dengan mesin incinerator milik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri. Sementara barang lainnya seperti kosmetik, minuman beralkohol dimusnahkan dengan digiling menggunakan alat berat.

“Jadi ada ribuan barang dimusnahkan dengan nilai hampir Rp 5 miliar,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Edy Birton usai pemusnahan kemarin.

Dia mengatakan ribuan barang tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), sehingga harus dimusnahkan agar barang bukti terhindar dari penyalahgunaan. “Kita lakukan sesuai prosedur,” katanya.
Sedangkan Kajari Batam Dedi Tri Haryadi mengatakan ribuan barang bukti tersebut merupakan hasil sitaan Kejari Batam selama dua tahun, yakni 2017 dan 2018. “Kita musnahkan karena sudah inkrah,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar yang turut hadir mengapresiasi pemusnahan barang bukti oleh Kejari Batam. Menurut dia, sebagai pintu masuk utama berbagai barang, termasuk barang ilegal dan obat terlarang, kondisi itu harus menjadi perhatian.

“Batam salah satu pintu masuk barang terlarang dan ilegal. Sehingga ini menjadi kewajiban bersama agar kita bisa menekan angka kejahatan dan pelanggaran di Batam,” ungkapnya.

Sementara itu, kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB itu, turut disaksikan Ketua Pengadilan Negeri Batam, BNN Batam, Kepala Rutan, Kepala Lapas, Ketua Komisi I DPRD Batam, Kepala Disperindag, pegawai dan staf Kejari Batam, serta tamu undangan lainnya.(*)

Sumber : Batam Pos
Penulis : Yulianti – Batam Pos
Foto : Cecep Mulyana – Batam Pos
Produced by Batam Pos Channel