Transportasi di Batam Makin Oke, Dapat “Hadiah” dari Pusat

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam terus berupaya mewujudkan sistem transportasi yang berkualitas terus dilakukan.

Baru-baru ini, Batam mendapatkan tambahan armada bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebanyak sepuluh bus bantuan dari Kemenhub telah tiba di Batam dan siap dioperasionalkan.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Kota Batam, Syafrul Bahri mengatakan, saat ini ada 78 unit bus Trans Batam yang beroperasi di Batam. Lima unit di antaranya diperuntukan untuk pengoperasian bus sekolah. “Dan alhamdulilah kita mendapatkan bantuan sepulih unit bus lagi dari Kemenhub,” katanya, Rabu (13/2).

Diakui Syafrul, sepuluh bus ini nantinya akan ditempatkan di masing-masing koridor. Tujuannya adalah karena ada beberapa bus Trans Batam yang rusak ditarik dan digantikan oleh bus tersebut. “Kita sisipkan. Saat ini kita memiliki sembilan koridor,” jelas Syafrul.

Sejauh ini lanjutnya, faktur dari Kemenhub telah keluar. Begitu juga dengan pengurusan pelat nomor kendaraan. Artinya sepuluh bus tersebut siap dioperasionalkan. Dia berharap, dengan penambahan sepuluh bus baru ini bisa melayani masyarakat di setiap koridor.

Syafrul juga mengimbau agar masyarakat menggunakan bus Trans Batam. “Karena selain aman dan nyaman, Trans Batam juga lebih murah. Sesuai dengan moto kami Trans Batam sebagai transportasi yang andal di Batam,” tuturnya.

Sementara di sisi lain, kata dia, angkot di batam sebagian besar melewati batas usia yang ditentukan, yakni 18 tahun untuk trayek utama seperti dapur 12 dan bimbar, serta 15 tahun untuk trayek cabang seperti taksi dan angkot carry. Lebih dari batas usia tersebut kendaraan ini sudah tidak boleh lagi beroperasional mengakut penumpang dan harus dipindahkan ke pelat hitam.

Sumber: Batam Pos
Video: Rengga Yuliandra, Dewi Anita – Batam Pos
Produced by Batam Pos Channel